News Update :
Home » » CARA mudah buat antena modem 3G/HSDPA mini indoor

CARA mudah buat antena modem 3G/HSDPA mini indoor

Penulis : As Hakim.Ppa on Jumat, 06 Januari 2012 | 13.03




 CARA mudah buat antena modem 3G/HSDPA
Ini pengalaman pribadi,sebagai orang yang tinggal di desa, jauh dari kota, jauh juga dari fasilitas seperti dikota, sepertijuga sinyal yang adajuga cuma gprs itupun nggak setabil,ahirnya cari tau sana sini. ahirnya sowan ke mbah dukun google dan diberi banyak cara. dan ahirnya  tips dari kafeilmu.com ini yang cocok dan saya pakai. Alhamdulillah sekarang lancar  dan berhasil meningkatkan sinyal untuk berinternet ria. sebelumnya kita sediakan alat2 yang dibutuhkan:

       1. Kabel tembaga merk apa saja
       2. Kabel serabut (untuk ikat)
       3. Tang / Catut
       4. Gelang Karet
       5. Penggaris
       6. Tentu saja Modem (GSM)

Kafeilmu Tips – Sebelumnya mohon maaf kepada praktisi dan ilmuan antenna, karena tips ini hanya berdasar kreatifitas dan pengalaman pribadi. Uji materi juga berdasarkan pengujian pribadi, tentang akurasi dan lain-lain hanya ahli antenna yang bisa menjawab. Yang jelas Antenna 3g HSDPA buatan sendiri ini tidak merubah sedikitpun modem Anda, dan berjalan dengan baik. Yang ingin mencoba tidak ada salahnya, yang tahu ilmunya mohon koreksinya.

Berawal dari kekecewaan pada modem murah yang hanya bisa menangkap sinyal 2G/GSM/EDGE. Modem tersebut, sudah lelet juga cepat panas. Digunakan di kota lelet, apalagi pas berada di desa, ah makin lelet. Akhirnya saya beli modem yang bagus (menurut ane sih), modem yang sudah support HSDPA. Pertama kali menggunakan langsung jatuh cinta, wusss speed internet cepat, buka web cepat, download juga cepat. Modem ini, bila mendapat signal 3G/HSDPA rata-rata keceatannya up to 7200 kbit/s, bandingkan dengan sinyal 2G/GSM yang hanya 128-300an kbit/s.

Kekecewaan terjadi ketika pulang ke desa, tidak ada signal 3G yang bisa ditangkap. Ibaratnya sudah bangun jalan tol tapi yang lewat sepeda onthel, tentu saja tetap lambat. Saya coba membuat penguat signal sendiri dengan memakai kertas didalam bungkus rokok (jawa: grenjeng), dibuat melengkung semi parabolic, diletakkan bawah modem kira-kira focal pointnya pas posisi antenna dalam modem, hasilnya lumayan menguat beberapa persen. Tapi belum maksimal karena sudah merasakan cepatnya sinyal 3G.

Dari situlah kemudian saya coba cari referensi plus kalkulator antenna. Setelah dapat, pilihan saya jatuh pada membuat Antenna Bi-Quad, karena pembuatannya mudah. Hasilnya, luar biasa, saya pikir antenna sekecil ini mana mungkin dapat menangkap sinyal 3G di daerah pedesaan, indoor lagi, tapi kenyataannya “muncul 2bar signal 3G, yang sebelumnya tidak pernah sedikitpun menangkap signal tersebut tanpa antenna.”
Cara membuat Antenna 3G HSDPA Mini

Sudah tidak sabar bagaimana cara membuat sendiri antenna bi-quad untuk menangkap sinyal 3G HSDPA? Anda tidak perlu mahir dalam elektronika, yang dapat menghitung akurasi ketepatan penangkapan signal antenna, asah dan coba saja kreatifitas Anda, diluar sana banyak sekali kalkulator antenna yang bisa digunakan untuk membuat antenna sendiri.

Caranya: Kumpulkan dulu bahan yang dibutuhkan. Signal 3G berada pada 2100 Mhz. Setelah dihitung dengan kalkulator antenna, berikut adalah gambar spesifikasi ukuran yang dibutuhkan.

          o Frequency (MHz): 2100
          o Panjang L1 (mm): 34.65
          o Panjang L2 (mm): 97.02
          o Panjang B (mm): 57.1
          o Panjang H (mm) 114.3
          o Diameter kabel (mm): 1.32
          o Jarak D (mm) 17.875



   1. Pertama kali pilihlah kabel dengan diameter kira-kira 1.32 mm, buang kulitnya.
   2. Bagian satu: bentuk kabel menyerupai angka 8 tapi bersudut siku, dengan panjang tiap-tiap siku (L1) 34.65. Berawal dari bagian tengah dan berakhir dibagian tengah. Sisakan kabel kira-kira 10 cm pada ujung, nantinya digunakan untuk penahan pada modem.
   3. Bagian dua: buat persegi panjang dengan lebar 57.1 dan panjang 114.3.
   4. Letakkan bagian 1 persis di tengah-tengah kotak persegipanjang (bagian dua).
   5. Agar posisi tetap ikat tiap-tiap ujung siku pada sisi persegi panjang dengan kabel serabut. Usahakan posisi tetap ditengah kotak.

Setelah diikat, kira-kira jadinya seperti ini:

Jadilah antenna 3G HSDPA mini ala kafeilmu. Dan sekarang waktunya menggabungkan dengan modem. Caranya mudah saja. Sisa kabel yang ada ditengah diletakkan pada posisi antenna modem (biasanya ada di bagian atas modem). Lilitkan pada posisi tersebut, bila kurang kuat bisa diikat dengan gelang karet.


Jarak antenna dengan modem (D) adalah 17.875 mm, jadi jangan terlalu jauh antara antenna dengan modem.Jadinya kira-kira seperti ini:
Share this article :

+ komentar + 5 komentar

5 Mei 2013 06.32

sukron u' semuanya semoga bermanfaat dan bertambah pengetahuan kita

Anonim
12 September 2013 21.26

kok sama artikelnya dengan alamat ini........... yang bajak sapa nih........................

http://kafeilmu.com/membuat-sendiri-indoor-antenna-3g-hsdpa/

Anonim
26 Januari 2014 22.02

udah cb persis spt saran diatas tp gak NGARUH!!!

29 Oktober 2014 03.04

Saya mau tanya gan kalau bikin antena untuk ipad giamana ya? Soalnya di daerah saya parah jaringannya

21 Juli 2017 21.12

keren gan artikelnya, membantu sekali...
blower infrared

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. SANTRI PP@ . All Rights Reserved.
Design Template by Santri Ppa | Support by /a> | Powered by Blogger