News Update :
Home » » Cara Menggunakan Android Device Manager

Cara Menggunakan Android Device Manager

Penulis : As Hakim.Ppa on Sabtu, 01 Oktober 2016 | 06.02

 PENTING! Inilah Cara Terlengkap Menggunakan Android Device Manager

Cara Menggunakan Android Device Manager

1. Apa Itu Android Device Manager?

cara menggunakan adm
Android Device Manager atau ADM adalah perangkat lunak bikinan Google, yang memungkinkan kamu dapat melacak smartphone Android yang hilang, menghapus data dari jarak jauh, melindungi ketika smartphone di factory reset paksa, dan bahkan dapat mengunci smartphone tersebut agar tak dapat digunakan oleh pencuri.

2. Cara Menyalakan Android Device Manager

Cara Menyalakan Android Device Manager
Secara default, Android Device Manager pada ponsel terbaru sebenarnya sudah aktif. Namun untuk pilihan lebih lanjut, seperti menghapus data dari jarak jauh, haruslah kamu aktifkan sendiri. Kamu bisa akses melalui "Google Settings" yang ada di menu utama > kemudian pilih "Security" > Pastikan "Remotely locate this device" dan "Allow remote lock and erase sudah aktif.
Dengan menyalakan “Remotely locate this device”, berarti mengijinkan Google untuk melacak keberadaan perangkat Android. Sementara “Allow remote lock and erase”, berarti mengijinkan Google untuk mengunci dan menghapus data di dalam perangkat Android secara jarak jauh.

3. Selalu Gunakan Kunci Layar

gunakan kunci layar
Hal yang sepele ini ternyata berdampak besar pada keamanan kamu dalam menggunakan smartphone Android. Dengan menggunakan kunci layar baik itu password, PIN, pola, atau pembaca sidik jari. Tentunya pencuri tak dapat berbuat banyak, satu-satunya jalan adalah harus melakukan factory reset.
Tenang saja, ponsel dengan OS Android 5.0 Lollipop atau yang lebih baru sudah dilengkapi dengan fitur Factory Reset Protection. Jadi, ketika pencuri melakukan factory reset melalui menu recovery, Smartphone tidak akan dapat digunakan sebelum memverifikasi ulang kepemilikan dengan akun Google yang sebelumnya digunakan pada smartphone.

4. Pastikan GPS dan Izin untuk Mengakses Lokasi Diberikan

cara menggunakan android device manager aktifkan gps
OS Android sudah dilengkapi dengan perizinan aplikasi individual, dimana kamu bisa memperbolehkan atau tidak izin yang diminta aplikasi. Untuk alasan menghemat daya, kadang kita dengan sengaja mematikan fungsi penting seperti GPS, sinkronisasi, bahkan data internet. Lalu apa gunanya smartphone canggih jika fungsinya sendiri dibatasi? Jadi, pastikan GPS kamu selalu aktif. Untuk mengaktifkan GPS bisa melalui Quick settings atau melalui menu pengaturan.

5. Persyaratan Lain yang Dibutuhkan

adm
Agar Android Device Manager dapat digunakan secara maksimal, smartphone Android kamu harus memenuhi persyarakat berikut ini.
  • Perangkat aktif dan sudah login dengan akun Google
  • Perangkat Android harus terhubung dengan internet, jadi pastikan kamu tidak menonaktifkan data
  • GPS nyala dan izin untuk mengakses lokasi diberikan
  • Mengizinkan ADM untuk mencari perangkat (aktif secara default)
  • Mengizinkan ADM untuk mengunci perangkat dan menghapus data (nonaktifkan secara default, jadi pastikan kamu sudah mengaktifkannya)

6. Cara Melacak Smartphone yang Hilang dengan Android Device Manager

cara melacak smartphone hilang dengan adm
Untuk melacak smartphone Android yang hilang, bisa melalui browser baik di komputer laptop, PC, dan smartphone atau melalui aplikasi Android Device Manager. Untuk opsi browser kunjungi: https://www.google.com/android/devicemanager. Selanjutnya masuk dengan akun Google yang sama digunakan pada smartphone Android.
Website ADM akan melacak lokasi keberadaan ponsel Android, lengkap dengan peta beserta nama lokasi, beserta info kapan terakhir digunakan dan perkiraan akurasi letaknya. Kamu bisa memperbesar peta untuk memastikan keberadaan Android tersebut.

7. Fitur-fitur Android Device Manager

fitur android device manager
Nah kamu dapat memilih smartphone Android yang ingin kamu lacak, jika kamu memiliki lebih dari satu smartphone Android yang menggunakan akun Google yang sama. Selanjutnya kamu bisa melacak lokasi smartphone Android yang hilang. Ada tiga pilihan yang dapat kamu lakukan pada smartphone yang hilang, yakni ring, lock, dan erase.

Ring

Kamu dapat menderingkan atau membunyikan smartphone Android tersebut, seperti ketika seseorang sedang menelpon. Suara dering telepon akan berbunyi dengan volume maksimal selama 5 menit walaupun pada smartphone Android kamu dalam keadaan silent.

Lock

Kamu juga dapat mengunci smartphone Android yang hilang dengan password, walaupun sebelumnya kamu tidak menggunakan password. Dengan password yang dibuat secara darurat ini, setidaknya pencuri tidak bisa menggunakan atau melihat data yang ada pada smartphone. Sehingga mengurangi resiko disalahgunakan.

Erase

Fitur ini akan menghapus semua data pada smartphone Android yang hilang, termasuk foto, video, pengaturan, dan aplikasi. Jika pilihan Erase ini diambil, kamu tidak bisa lagi melacaknya menggunakan Android Device Manager. Berarti kamu ikhlas ponsel tersebut hilang. Tetapi setidaknya data-data kamu aman karena terhapus. Data yang tersimpan di microSD mungkin tidak dapat dihapus oleh fitur erase ini.

8. Jangan Gegabah Mencari Smartphone yang Hilang Sendirian

locked by android device manager
Kebetulan Jaka pernah kehilangan smartphone dan langsung mencoba melacak, berbagai upaya dilakukan meski itu cukup berbahaya. Jadi, ada baiknya kamu tidak gegabah mencari sendirian. Setidaknya bawalah teman atau polisi kalau bisa. Pada akhirnya, Jaka harus ikhlas dan melakukan erase untuk menghapus seluruh data yang ada pada smartphone, serta tidak lupa memblokir nomor telepon untuk mencegah penyalahgunaan.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

3 Juni 2017 01.21

artikel yang sangat menarik sekali min, terimakasih...
blower hp

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. SANTRI PP@ . All Rights Reserved.
Design Template by Santri Ppa | Support by /a> | Powered by Blogger